Cara Merawat Komputer Dengan Baik Agar Tetap Awet


Komputer adalah sebuah elektronik yang jaman sekarang sangatlah penting untuk mengerjakan tugas kantor, mengetik skripsi, maupun mengerjakan tugas sekolah. Oleh karena itu kita sebagai pengguna diwajibkan untuk merawat dan menjaga komputer kita ini agar komputer ini tetap awet dan masih layak untuk dipakai dan oleh karena itu blog ini akan memberikan tips bagi kalian cara merawat komputer dengan baik tips ini berlaku juga bagi komputer build up dan rakitan.

1. Menutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai
jika kita mempunyai komputer yang memiliki spesifikasi pas-pasan hendaknya kita menutup program yang sudah tidak terpakai  agar suhu dari komputer kalian tidak overheat dan cara ini tidak akan bermasalah jika komputer kalian memiliki spesifikasi high end dan memiliki water cooler/water cooling.


2. Pilihlah Casing Yang Memiki Airflow Yang Bagus
Jika kalian punya komputer dengan casing yang tidak memiki cable managment, slot fan sebaiknya kalian harus mengocek kantong untuk membeli casing baru. jika terus dipasangkan pada casing tersebut maka komputer akan kalian akan cepat panas walaupun hanya dipakai sebentar sebaiknya ganti dan pilihlah casing yang sesuai dengan kantong kamu dan kalo bisa pilihlah casing yang sudah mendukung dust filter.


3. Mengganti Heatsink Bawaan Prosesscor
Heatsink bawaan prosescor menurut saya sangat jelek performanya dan berisik jika memainkan sebuah game pada komputer oleh karena itu beli lah heatsink yang sesuai dengan socket motherboard kamu dan memiliki fitur silent fan dan komputer kamu tetap akan sunyi walaupun sudah dimainkan dalam waktu yang cukup lama.


4. Bersihkan Komponen Komputer Dari Debu
Sebaiknya kalian harus membersihkan komponen komputer dari debu setiap 3 bulan sekali. komponen tersebut termasuk fan heatsink, vga, motherboard dan sebagainya. Kalian cukup membersihkan nya dengan kuas dengan begitu komputer kalian akan tetap bersih dan enak dipandang di mata.


5. Mengganti Power Supply
Untuk kalian yang mempunyai komputer masih memakai psu bawaan casing dalam jangka waktu yang cukup lama sebaiknya kalian wajib untuk menggantinya. power supply itu ibaratkan jantung dalam tubuh kita yang sangat penting tetapi orang mensepelekan. dan juga psu bawaan casing itu sudah dipastikan jelek dan aliran listrik yang tidak stabil sehingga komponen seperti prosescor, vga, ram dan sebagainya akan menjadi korbannya atau pc kalian bisa mengeluarkan asap. Saran saya pilihlah psu dengan merk yang sudah terkenal dan tidak masalah walaupun harga psu itu terbilang cukup mahal.


6. Mengganti thermal Pasta
Mengganti thermal pasta sangat wajib jika kalian ingin komputer kalian tetap pada suhu yang cukup dingin dan tidak overheat saat memainkan game saran saya jika ingin aman gantilah thermal pasta setiap 6 bulan sekali dan pilihlah thermal pasta yang memiliki merk ternama atau yang sudah terkenal dalam komponen komputer.


7. Gunakan Stabilizer/UPS
Jika listrik dirumah kalian terkadang tidak stabil dan suka mati sendiri saran saya gunakan stabilizer atau ups ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik sehingga power supply kamu akan tetap awet dan sangat direkomendasikan memakai tetapi jika listrik dirumah kamu bagus dan stabil tidak akan bermasalah cara ini.


8. Install Antivirus
Install antivirus akan mencegah komputer kamu dari serangan virus yang suatu saat bisa membahayakan file penting kamu pilihlah antivirus yang sudah terkenal dan sebanarnya cara ini tidak terlalu worth it sih karena windows biasanya sudah menyiapkan antivirus bawaan yang cukup aman yang bernama " Windows defender "

Jadi itulah tips tips dari Info Gadget untuk merawat komputer jika kalian mempunyai tips atau saran lain silahkan hubungi lewat 'Contact Me'. Dan saya ucapkan terima kasih karena telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan semoga anda sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel