4 Cara Menyesuaikan kecerahan layar Komputer Di Windows 10

Sebagian besar dari kita pasti menghabiskan berjam-jam berada di depan komputer setiap hari. Mengatur tingkat kecerahan layar yang benar merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari ketegangan mata saat bekerja pada PC atau perangkat lain yang memiliki layar.

Pada PC yang menggunakan disist operasi Windows 10 secara otomatis bisa menyesuaikan kecerahan layar, tetapi sebagian besar pengguna menonaktifkan kecerahan layar otomatis tersebut dan untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar harus dilakukan secara manual.

Untungnya, Windows 10 menawarkan beberapa cara yang mudah untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar komputer dengan cepat, tidak seperti versi Windows sebelumnya.

Di Windows 10 ini, selain tombol pintas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Pengaturan serta Pusat Tindakan untuk menyesuaikan kecerahan layar komputer.

Harap diingat bahwa metode berikut ini mungkin tidak berfungsi pada PC desktop yang terhubung ke monitor eksternal. Jika kamu menggunakan komputer desktop, silakan gunakan tombol yang ada pada monitor untuk menyesuaikan kecerahan.

Metode 1 dari 4

Menyesuaikan kecerahan layar menggunakan tombol Hotkeys

Hampir semua notebook dilengkapi dengan tombol khusus untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan cepat. Misalnya, pada laptop ThinkPad saya, Fn + F5 / F6 dapat digunakan untuk mengatur kecerahan layar monitornya.


Lihat keyboard dan cari simbol kecerahan pada tombol Fungsi. Dan jika hotkey tidak berfungsi, pastikan driver display dan keyboard terinstal.

Metode 2 dari 4

Gunakan Action Center untuk menampilkan pengatur kecerahan di Windows 10

Langkah 1: Klik ikon Pusat Aksi di bilah tugas untuk membuka panel Pusat Aksi.

Langkah 2: Klik pada brightness tile untuk menambah atau mengurangi tingkat kecerahan tampilan. Jika kamu tidak dapat menemukan opsi brightness tile, klik tombol Expand .


Mengklik brightness tile sekali akan mengubah kecerahan ke tingkat berikutnya. Misalnya, jika kamu mengklik tile ketika tingkat kecerahan 25%, kecerahan akan meningkat menjadi 50%. Setelah kecerahan mencapai 100%, klik tile lagi untuk mulai dari 0%.

Metode 3 dari 4

Gunakan pengaturan untuk menyesuaikan kecerahan layar di Windows 10

Ini merupakan cara terbaik untuk menyesuaikan tingkat kecerahan tampilan layar yang benar karena kamu dapat menambah atau mengurangi kecerahan setiap satu persen.

Langkah 1: Buka Pengaturan dengan mengklik ikonnya di sisi kiri menu Start.

Langkah 2: Di halaman beranda Pengaturan, klik Sistem .

Langkah 3: Sekarang kamu akan melihat opsi Sesuaikan tingkat kecerahan dengan slider untuk menyesuaikan kecerahan layar. Jika kamu tidak dapat menemukan opsi tersebut, klik Display (setting> System> display).


Perhatikan bahwa adjuster tingkat kecerahan mungkin tidak muncul jika kamu mencoba menyesuaikan kecerahan layar monitor yang terhubung ke PC.

Metode 4 dari 4

Gunakan Control Panel untuk menyesuaikan kecerahan di Windows 10

Ini adalah cara lama untuk menyesuaikan kecerahan layar komputer secara manual di Windows 10 .

Langkah 1: Klik kanan pada ikon baterai di bagian sistem taskbar dan kemudian klik Sesuaikan pilihan kecerahan layar untuk membuka jendela Power Options.


Langkah 2: Di bagian bawah layar, kamu akan melihat opsi Kecerahan layar dengan slider. Gerakkan slider ke kiri layar untuk mengurangi tingkat kecerahan layar komputer dan ke kanan untuk menambah kecerahannya.


Itu tadi adalah beberapa cara untuk mengurangi kecerahan layar komputer. Beri tahu kami jika ada cara tambahan untuk menyesuaikan kecerahan layar di Windows 10.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel